-->

Sifilis - Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengobati

Pengertian Sifilis

Sifilis yaitu infeksi basil yang biasanya menyebar melalui kontak seksual. Penyakit ini dimulai sebagai luka yang tidak menyakitkan - biasanya pada alat kelamin, dubur atau ekspresi Anda. Sifilis menyebar dari orang ke orang melalui kulit atau kontak selaput lendir dengan luka ini.

 Sifilis yaitu infeksi basil yang biasanya menyebar melalui kontak seksual Sifilis - Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Setelah infeksi awal, basil sifilis sanggup tertidur di dalam badan Anda selama beberapa dekade sebelum menjadi aktif kembali. Sifilis dini sanggup disembuhkan, terkadang dengan suntikan penisilin tunggal. Tanpa pengobatan, sifilis sanggup sangat merusak jantung, otak, atau organ-organ lain, dan sanggup mengancam jiwa, atau ditularkan dari ibu ke anak yang belum lahir.

Gejala sifilis

Sifilis berkembang secara bertahap, dan gejalanya bervariasi pada setiap tahap. Tetapi tahapannya mungkin tumpang tindih, dan tanda-tanda tidak selalu terjadi dalam urutan yang sama. Anda mungkin terinfeksi sifilis dan tidak melihat tanda-tanda apa pun selama bertahun-tahun.

Sifilis primer

Tanda pertama sifilis yaitu luka kecil, yang disebut chancre (SHANG-kur). Luka muncul di tempat basil memasuki badan Anda. Sementara kebanyakan orang yang terinfeksi sifilis hanya membuatkan satu chancre, beberapa orang membuatkan beberapa chancre. Chancre biasanya berkembang sekitar tiga ahad sehabis paparan. Banyak orang yang menderita sifilis tidak memperhatikan chancre alasannya biasanya tidak menjadikan rasa sakit, dan mungkin tersembunyi di dalam vagina atau dubur. Chancre akan sembuh sendiri dalam waktu tiga hingga enam minggu.

Sifilis sekunder

Dalam beberapa ahad sehabis penyembuhan chancre yang asli, Anda mungkin mengalami ruam yang dimulai pada batang badan Anda tetapi alhasil menutupi seluruh badan Anda - bahkan telapak tangan dan telapak kaki Anda. Ruam ini biasanya tidak gatal dan sanggup disertai luka ibarat kutil di ekspresi atau area genital. Beberapa orang juga mengalami kerontokan rambut, nyeri otot, demam, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Tanda dan tanda-tanda ini sanggup hilang dalam beberapa ahad atau berulang kali tiba dan pergi selama setahun.

Sifilis laten

Jika Anda tidak dirawat alasannya sifilis, penyakit ini berpindah dari tahap sekunder ke tahap laten (tersembunyi), ketika Anda tidak mempunyai gejala. Tahap laten sanggup berlangsung selama bertahun-tahun. Tanda dan tanda-tanda mungkin tidak pernah kembali, atau penyakit sanggup berkembang ke tahap ketiga (tersier).

Sifilis tersier (terlambat)

Sekitar 15 hingga 30 persen orang yang terinfeksi sifilis yang tidak mendapatkan pengobatan akan mengalami komplikasi yang dikenal sebagai sifilis tersier. Pada tahap akhir, penyakit ini sanggup merusak otak, saraf, mata, jantung, pembuluh darah, hati, tulang, dan persendian Anda. Masalah-masalah ini sanggup terjadi bertahun-tahun sehabis infeksi orisinil yang tidak diobati.

Sifilis bawaan

Bayi yang dilahirkan oleh perempuan yang menderita sifilis sanggup terinfeksi melalui plasenta atau selama kelahiran. Kebanyakan bayi gres lahir dengan sifilis bawaan tidak mempunyai gejala, meskipun beberapa mengalami ruam pada telapak tangan dan telapak kaki mereka. Gejala selanjutnya mungkin termasuk ketulian, kelainan bentuk gigi dan hidung pelana - di mana jembatan hidungnya runtuh.

Kapan harus ke dokter

Hubungi dokter Anda kalau Anda atau anak Anda mengalami keputihan, sakit atau ruam yang tidak biasa - terutama kalau terjadi di kawasan selangkangan.

Penyebab sifilis

Penyebab sifilis yaitu basil yang disebut Treponema pallidum. Rute penularan yang paling umum yaitu melalui kontak dengan luka orang yang terinfeksi selama kegiatan seksual. Bakteri masuk ke badan Anda melalui luka kecil atau lecet di kulit Anda atau selaput lendir. Sifilis menular selama tahap primer dan sekunder, dan kadang kala pada periode laten awal.

Lebih jarang, sifilis sanggup menyebar melalui kontak pribadi tanpa pelindung yang akrab dengan lesi aktif (seperti ketika berciuman) atau melalui ibu yang terinfeksi kepada bayinya selama kehamilan atau melahirkan (sifilis kongenital).

Sifilis tidak sanggup disebarkan dengan memakai toilet, kolam mandi, pakaian atau peralatan makan yang sama, atau dari gagang pintu, kolam renang atau kolam air panas.

Setelah sembuh, sifilis tidak kambuh dengan sendirinya. Namun, Anda sanggup terinfeksi kembali kalau mengalami kontak dengan sifilis seseorang.

Faktor risiko sifilis

Anda menghadapi peningkatan risiko tertular sipilis jika:
  • Terlibat dalam korelasi seks tanpa kondom
  • Berhubungan seks dengan banyak pasangan
  • Adalah laki-laki yang bekerjasama seks dengan pria
  • Terinfeksi HIV, virus penyebab AIDS\

Komplikasi sifilis

Tanpa perawatan, sifilis sanggup menimbulkan kerusakan di seluruh badan Anda. Sifilis juga meningkatkan risiko infeksi HIV dan, bagi wanita, sanggup menimbulkan dilema selama kehamilan. Perawatan sanggup membantu mencegah kerusakan di masa depan tetapi tidak sanggup memperbaiki atau membalikkan kerusakan yang sudah terjadi.


Benjolan kecil atau tumor

Disebut gumma, benjolan ini sanggup berkembang pada kulit, tulang, hati atau organ lain pada tahap selesai sifilis. Gumma biasanya hilang sehabis perawatan dengan antibiotik.

Masalah neurologis

Sifilis sanggup menimbulkan sejumlah dilema dengan sistem saraf Anda, termasuk:
  • Pukulan
  • Meningitis
  • Gangguan pendengaran
  • Masalah visual
  • Demensia
  • Hilangnya rasa sakit dan sensasi suhu
  • Disfungsi seksual pada laki-laki (impotensi)
  • Inkontinensia kandung kemih
  • Tiba-tiba, rasa sakit ibarat kilat

Masalah kardiovaskular

Ini mungkin termasuk penonjolan (aneurisma) dan radang aorta - arteri utama badan Anda - dan pembuluh darah lainnya. Sifilis juga sanggup merusak katup jantung.

Infeksi HIV

Orang berilmu balig cukup akal dengan sifilis yang ditularkan secara seksual atau borok kelamin lainnya diperkirakan mempunyai dua hingga lima kali lipat peningkatan risiko tertular HIV. Luka sifilis sanggup berdarah dengan mudah, menyediakan cara gampang bagi HIV untuk memasuki fatwa darah Anda selama kegiatan seksual.

Komplikasi kehamilan dan persalinan

Jika Anda hamil, Anda sanggup menularkan sifilis ke bayi yang belum lahir. Sifilis bawaan sangat meningkatkan risiko keguguran, lahir mati atau selesai hidup bayi gres lahir Anda dalam beberapa hari sehabis kelahiran.

Pencegahan sifilis

Tidak ada vaksin untuk sifilis. Untuk membantu mencegah penyebaran sifilis, ikuti saran ini:
  • Abstain atau monogami. Satu-satunya cara untuk menghindari sifilis yaitu dengan tidak melaksanakan korelasi seks. Pilihan terbaik berikutnya yaitu melaksanakan korelasi seks monogami bersama dengan satu pasangan yang tidak terinfeksi.
  • Gunakan kondom lateks. Kondom sanggup mengurangi risiko tertular sifilis, tetapi hanya kalau kondom menutupi luka sifilis.
  • Hindari narkoba. Penggunaan alkohol atau obat-obatan lain secara berlebihan sanggup mengaburkan evaluasi Anda dan mengarah pada praktik seksual yang tidak aman.
  • Skrining untuk perempuan hamil
  • Orang sanggup terinfeksi sifilis dan tidak mengetahuinya. Mengingat efek sifilis yang seringkali mematikan pada belum dewasa yang belum lahir, pejabat kesehatan merekomendasikan semoga semua perempuan hamil diskrining untuk penyakit ini.

Diagnosis sifilis

Sifilis sanggup didiagnosis dengan menguji sampel dari:
  • Darah. Tes darah sanggup mengkonfirmasi keberadaan antibodi yang diproduksi badan untuk melawan infeksi. Antibodi terhadap basil yang menimbulkan sifilis tetap ada di badan Anda selama bertahun-tahun, sehingga tes sanggup dipakai untuk memilih infeksi ketika ini atau masa lalu.
  • Cairan tulang belakang otak. Jika diduga Anda mengalami komplikasi sistem saraf sifilis, dokter Anda mungkin juga menyarankan untuk mengumpulkan sampel cairan serebrospinal melalui mekanisme yang disebut pungsi lumbal (keran tulang belakang).
  • Melalui Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, departemen kesehatan setempat Anda mengatakan layanan mitra, yang akan membantu Anda memberi tahu pasangan seksual Anda bahwa mereka mungkin terinfeksi. Dengan begitu, pasangan Anda sanggup diuji dan diobati dan penyebaran sifilis sanggup dikurangi.

Pengobatan sifilis

Ketika didiagnosis dan diobati pada tahap awal, sifilis gampang disembuhkan. Perawatan yang disukai pada semua tahap yaitu penisilin, obat antibiotik yang sanggup membunuh organisme yang menimbulkan sifilis. Jika Anda alergi terhadap penisilin, dokter akan menyarankan antibiotik lain.

Satu suntikan penisilin sanggup menghentikan perkembangan penyakit kalau Anda sudah terinfeksi kurang dari setahun. Jika Anda menderita sifilis lebih dari setahun, Anda mungkin perlu takaran tambahan.

Penisilin yaitu satu-satunya pengobatan yang direkomendasikan untuk perempuan hamil dengan sifilis. Wanita yang alergi terhadap penisilin sanggup menjalani proses desensitisasi yang memungkinkan mereka untuk mengambil penisilin. Bahkan kalau Anda dirawat alasannya sifilis selama kehamilan Anda, anak Anda yang gres lahir juga harus mendapatkan perawatan antibiotik.

Hari pertama Anda mendapatkan perawatan, Anda mungkin mengalami apa yang dikenal sebagai reaksi Jarisch-Herxheimer. Tanda dan tanda-tanda termasuk demam, kedinginan, mual, sakit pegal, dan sakit kepala. Reaksi ini biasanya tidak berlangsung lebih dari satu hari.


Tindak lanjut pengobatan

Setelah Anda dirawat alasannya sifilis, dokter Anda akan meminta Anda untuk:
  • Lakukan tes darah terencana dan investigasi untuk memastikan Anda merespons takaran penisilin yang biasa
  • Hindari kontak seksual hingga perawatan selesai dan tes darah memperlihatkan infeksi telah sembuh
  • Beritahu pasangan seks Anda sehingga mereka sanggup diuji dan mendapatkan perawatan kalau perlu
  • Diuji untuk infeksi HIV

Sumber http://www.kedaikepo.com/

0 Response to "Sifilis - Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengobati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel