-->

Sakit Lutut - Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengobati

Pengertian sakit lutut

Nyeri lutut yaitu keluhan umum yang menyerang orang-orang dari segala usia. Nyeri lutut mungkin merupakan jawaban dari cedera, menyerupai ligamen yang pecah atau tulang rawan yang robek. Kondisi medis - termasuk radang sendi, gout dan infeksi - juga sanggup mengakibatkan nyeri lutut.

 Nyeri lutut yaitu keluhan umum yang menyerang orang Sakit lutut - Gejala, penyebab, dan cara mengobati

Banyak jenis nyeri lutut ringan berespons baik terhadap tindakan perawatan diri. Terapi fisik dan kawat gigi lutut juga sanggup membantu meredakan nyeri lutut. Namun dalam beberapa kasus, lutut Anda mungkin memerlukan perbaikan bedah.

Gejala sakit lutut

Lokasi dan tingkat keparahan nyeri lutut sanggup bervariasi, tergantung pada penyebab masalahnya. Tanda dan tanda-tanda yang terkadang menyertai nyeri lutut meliputi:
  • Pembengkakan dan kekakuan
  • Kemerahan dan kehangatan dikala disentuh
  • Kelemahan atau ketidakstabilan
  • Popping atau bunyi berderak
  • Ketidakmampuan untuk meluruskan lutut sepenuhnya

Kapan harus ke dokter?

Hubungi dokter Anda kalau Anda:
  • Tidak sanggup menahan berat pada lutut Anda atau merasa seperti lutut Anda tidak stabil (mengeluarkan)
  • Telah ditandai pembengkakan lutut
  • Tidak sanggup sepenuhnya memperpanjang atau melenturkan lutut Anda
  • Lihat deformitas yang terang di kaki atau lutut Anda
  • Demam, selain kemerahan, nyeri, dan bisul di lutut
  • Memiliki sakit lutut parah yang bekerjasama dengan cedera

Penyebab sakit lutut

Nyeri lutut sanggup disebabkan oleh cedera, problem mekanis, jenis radang sendi dan problem lainnya.

Cedera

Cidera lutut sanggup memengaruhi salah satu ligamen, tendon atau kantung berisi cairan (bursae) yang mengelilingi sendi lutut Anda serta tulang, tulang rawan, dan ligamen yang membentuk sendi itu sendiri. Beberapa cedera lutut yang lebih umum termasuk:
  • Cedera ACL. Cedera ACL yaitu robekan anterior cruciate ligament (ACL) - salah satu dari empat ligamen yang menghubungkan tulang kering Anda ke tulang paha Anda. Cedera ACL sangat umum terjadi pada orang yang bermain bola basket, sepak bola, atau olahraga lain yang membutuhkan perubahan arah secara tiba-tiba.
  • Patah tulang. Tulang lutut, termasuk tempurung lutut (patella), sanggup patah selama goresan atau jatuh kendaraan bermotor. Orang yang tulangnya telah dilemahkan oleh osteoporosis kadang kala sanggup mempertahankan patah lutut hanya dengan salah melangkah.
  • Robek meniskus. Meniskus terbentuk dari tulang rawan yang keras dan kenyal dan bertindak sebagai penyerap goncangan antara tulang kering dan tulang paha Anda. Ini bisa robek kalau Anda tiba-tiba memutar lutut sambil menahan beban.
  • Bursitis lutut. Beberapa cedera lutut mengakibatkan peradangan di bursae, kantung kecil cairan yang melindungi cuilan luar sendi lutut Anda sehingga tendon dan ligamen meluncur dengan lancar di atas sendi.
  • Tendinitis patela. Tendinitis yaitu iritasi dan peradangan pada satu tendon atau lebih - jaringan tebal dan berserat yang melekat otot pada tulang. Pelari, pemain ski, pengendara sepeda, dan mereka yang terlibat dalam olahraga dan kegiatan melompat sanggup berbagi peradangan pada tendon patela, yang menghubungkan otot paha depan di cuilan depan paha ke tulang kering.

Masalah mekanis

Beberapa pola problem mekanis yang sanggup mengakibatkan nyeri lutut termasuk:
  • Tubuh longgar. Kadang-kadang cedera atau degenerasi tulang atau tulang rawan sanggup mengakibatkan potongan tulang atau tulang rawan pecah dan melayang di ruang sendi. Ini mungkin tidak mengakibatkan problem kecuali tubuh yang longgar mengganggu gerakan sendi lutut, dalam hal ini efeknya menyerupai pensil yang tersangkut di engsel pintu.
  • Iliotibial grup band syndrome. Ini terjadi ketika pita jaringan keras yang memanjang dari luar pinggul Anda ke luar lutut Anda (pita iliotibial) menjadi sangat ketat sehingga menggesek cuilan luar tulang paha Anda. Pelari jarak jauh dan pengendara sepeda sangat rentan terhadap sindrom iliotibial band.
  • Tempurung lutut terkilir. Ini terjadi ketika tulang segitiga (patela) yang menutupi cuilan depan lutut Anda terlepas dari tempatnya, biasanya ke cuilan luar lutut Anda. Dalam beberapa kasus, tempurung lutut mungkin tetap terlantar dan Anda akan sanggup melihat dislokasi.
  • Nyeri pinggul atau kaki. Jika Anda mempunyai sakit pinggul atau kaki, Anda sanggup mengubah cara Anda berjalan untuk melepaskan sendi yang menyakitkan ini. Tetapi gaya berjalan yang diubah ini sanggup menciptakan lebih banyak tekanan pada sendi lutut Anda. Dalam beberapa kasus, problem di pinggul atau kaki sanggup mengakibatkan nyeri lutut.

Jenis radang sendi

Ada lebih dari 100 jenis arthritis yang berbeda. Varietas yang paling mungkin mempengaruhi lutut termasuk:
  • Osteoartritis. Kadang-kadang disebut artritis degeneratif, osteoartritis yaitu jenis artritis yang paling umum. Ini yaitu kondisi keausan yang terjadi ketika tulang rawan di lutut Anda memburuk dengan penggunaan dan usia.
  • Radang sendi. Bentuk radang sendi yang paling melemahkan, rheumatoid arthritis yaitu kondisi autoimun yang sanggup mempengaruhi hampir semua sendi di tubuh Anda, termasuk lutut Anda. Meskipun rheumatoid arthritis yaitu penyakit kronis, ia cenderung bervariasi dalam tingkat keparahan dan bahkan mungkin tiba dan pergi.
  • Encok. Jenis arthritis ini terjadi ketika kristal asam urat menumpuk di sendi. Sementara gout paling umum mempengaruhi jempol kaki, itu juga sanggup terjadi di lutut.
  • Pseudogout. Sering disalahartikan sebagai gout, pseudogout disebabkan oleh kristal yang mengandung kalsium yang berkembang dalam cairan sendi. Lutut yaitu sendi yang paling sering terkena pseudogout.
  • Artritis septik. Terkadang sendi lutut Anda bisa terinfeksi, mengakibatkan pembengkakan, rasa sakit dan kemerahan. Arthritis septik sering terjadi dengan demam, dan biasanya tidak ada stress berat sebelum timbulnya rasa sakit. Artritis septik sanggup dengan cepat mengakibatkan kerusakan yang luas pada tulang rawan lutut. Jika Anda mengalami nyeri lutut dengan gejala-gejala ini, segera temui dokter Anda.

Masalah lainnya

Sindrom nyeri patellofemoral yaitu istilah umum yang merujuk pada nyeri yang timbul antara tempurung lutut (patella) dan tulang paha yang mendasari (femur). Ini biasa terjadi pada atlet; pada orang remaja muda, terutama mereka yang mempunyai sedikit kesalahan pada tempurung lutut; dan pada orang remaja yang lebih tua, yang biasanya berbagi kondisi sebagai jawaban artritis dari tempurung lutut.

Faktor risiko sakit lutut

Sejumlah faktor sanggup meningkatkan risiko Anda mengalami problem lutut, termasuk:
  • Kelebihan berat. Kelebihan berat tubuh atau obesitas meningkatkan stres pada sendi lutut Anda, bahkan selama kegiatan biasa menyerupai berjalan atau naik turun tangga. Ini juga menempatkan Anda pada peningkatan risiko osteoartritis dengan mempercepat kerusakan tulang rawan sendi.
  • Kurangnya fleksibilitas atau kekuatan otot. Kurangnya kekuatan dan fleksibilitas sanggup meningkatkan risiko cedera lutut. Otot yang besar lengan berkuasa membantu menstabilkan dan melindungi persendian Anda, dan kelenturan otot sanggup membantu Anda mencapai banyak sekali gerakan.
  • Olahraga atau pekerjaan tertentu. Beberapa olahraga memberi tekanan lebih besar pada lutut Anda daripada yang lain. Ski Alpine dengan sepatu bot ski yang kaku dan berpotensi jatuh, lompatan dan pivot bola basket, dan pukulan lutut yang berulang-ulang Anda lakukan ketika Anda berlari atau joging semua meningkatkan risiko cedera lutut. Pekerjaan yang membutuhkan tekanan berulang pada lutut menyerupai konstruksi atau bertani juga sanggup meningkatkan risiko Anda.
  • Cidera sebelumnya. Memiliki cedera lutut sebelumnya membuatnya lebih mungkin bahwa Anda akan melukai lutut Anda lagi.

Komplikasi sakit lutut

Tidak semua nyeri lutut serius. Tetapi beberapa cedera lutut dan kondisi medis, menyerupai osteoarthritis, sanggup mengakibatkan peningkatan rasa sakit, kerusakan sendi dan abnormalitas kalau tidak ditangani. Dan mengalami cedera lutut - bahkan yang kecil - membuatnya lebih mungkin bahwa Anda akan mempunyai cedera yang sama di masa depan.

Pencegahan sakit lutut

Meskipun tidak selalu mungkin untuk mencegah nyeri lutut, saran-saran berikut sanggup membantu mencegah cedera dan kerusakan sendi:
  • Jauhkan pound ekstra. Pertahankan berat tubuh yang sehat; itu yaitu salah satu hal terbaik yang sanggup Anda lakukan untuk lutut Anda. Setiap pon tambahan menambah ketegangan pada persendian Anda, meningkatkan risiko cedera dan osteoartritis.
  • Bugar untuk bermain olahraga Anda. Untuk mempersiapkan otot Anda untuk tuntutan partisipasi olahraga, luangkan waktu untuk pengkondisian. Bekerja dengan instruktur atau instruktur untuk memastikan bahwa teknik dan gerakan Anda yaitu yang terbaik yang bisa mereka lakukan.
  • Berlatih dengan sempurna. Pastikan teknik dan pola gerakan yang Anda gunakan dalam olahraga atau kegiatan Anda sebaik mungkin. Pelajaran dari seorang profesional bisa sangat membantu.
  • Kuat, tetap fleksibel. Karena otot yang lemah yaitu penyebab utama cedera lutut, Anda akan menerima manfaat dari membangun paha depan dan paha belakang, yang menopang lutut Anda. Latihan keseimbangan dan stabilitas membantu otot-otot di sekitar lutut Anda bekerja bersama dengan lebih efektif. Dan lantaran otot yang tegang juga sanggup mengakibatkan cedera, peregangan penting. Cobalah untuk memasukkan latihan fleksibilitas dalam latihan Anda.
  • Jadilah cerdas ihwal olahraga. Jika Anda menderita osteoartritis, nyeri lutut kronis, atau cedera berulang, Anda mungkin perlu mengubah cara berolahraga. Pertimbangkan beralih ke berenang, aerobik air, atau kegiatan berdampak rendah lainnya - setidaknya selama beberapa hari seminggu. Kadang-kadang dengan membatasi kegiatan berdampak tinggi akan memperlihatkan bantuan.

Diagnosa sakit lutut

Selama investigasi fisik, dokter Anda kemungkinan akan:
  • Periksa lutut Anda apakah ada pembengkakan, nyeri, nyeri tekan, kehangatan, dan memar yang terlihat
  • Periksa untuk melihat seberapa jauh Anda bisa menggerakkan kaki cuilan bawah ke arah yang berbeda
  • Dorong atau tarik sendi untuk mengevaluasi integritas struktur di lutut Anda

Tes pencitraan

Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin menyarankan tes seperti:
  • Sinar-X. Dokter Anda mungkin pertama-tama merekomendasikan melaksanakan X-ray, yang sanggup membantu mendeteksi patah tulang dan penyakit sendi degeneratif.
  • Pemindaian tomografi terkomputerisasi (CT). Pemindai CT menggabungkan sinar-X yang diambil dari banyak sekali sudut, untuk menciptakan gambar penampang cuilan dalam tubuh Anda. CT scan sanggup membantu mendiagnosis problem tulang dan fraktur halus. Jenis khusus CT scan sanggup secara akurat mengidentifikasi gout bahkan ketika sendi tidak meradang.
  • Ultrasonografi. Teknologi ini memakai gelombang bunyi untuk menghasilkan gambar real-time dari struktur jaringan lunak di dalam dan sekitar lutut Anda. Dokter Anda mungkin ingin menggerakkan lutut Anda ke posisi yang berbeda selama USG untuk menyidik problem tertentu.
  • Magnetic resonance imaging (MRI). MRI memakai gelombang radio dan magnet yang besar lengan berkuasa untuk menciptakan gambar 3D dari cuilan dalam lutut Anda. Tes ini sangat mempunyai kegunaan dalam mengungkap cedera pada jaringan lunak menyerupai ligamen, tendon, tulang rawan, dan otot.

Tes laboratorium

Jika dokter Anda meragukan adanya infeksi atau peradangan, Anda kemungkinan akan melaksanakan tes darah dan kadang kala mekanisme yang disebut arthrocentesis, di mana sejumlah kecil cairan dikeluarkan dari dalam sendi lutut Anda dengan jarum dan dikirim ke laboratorium untuk dianalisis.

Pengobatan sakit lutut

Perawatan akan bervariasi, tergantung pada apa yang bahwasanya mengakibatkan nyeri lutut Anda.

Obat-obatan

Dokter Anda mungkin meresepkan obat untuk membantu meringankan rasa sakit dan untuk mengobati kondisi yang mendasarinya, menyerupai rheumatoid arthritis atau asam urat.

Terapi

Memperkuat otot di sekitar lutut Anda akan membuatnya lebih stabil. Dokter Anda sanggup merekomendasikan terapi fisik atau banyak sekali jenis latihan penguatan menurut kondisi spesifik yang mengakibatkan rasa sakit Anda.

Jika Anda aktif secara fisik atau berlatih olahraga, Anda mungkin perlu latihan untuk memperbaiki pola gerakan yang mungkin mempengaruhi lutut Anda dan membangun teknik yang baik selama olahraga atau kegiatan Anda. Latihan untuk meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan Anda juga penting.

Penyangga lengkung, kadang kala dengan irisan di satu sisi tumit, sanggup membantu mengalihkan tekanan dari sisi lutut yang paling terkena osteoarthritis. Dalam kondisi tertentu, banyak sekali jenis kawat gigi sanggup dipakai untuk membantu melindungi dan mendukung sendi lutut.

Suntikan

Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin menyarankan menyuntikkan obat-obatan atau zat lain eksklusif ke dalam sendi Anda. Contohnya termasuk:
  • Kortikosteroid. Suntikan obat kortikosteroid ke dalam sendi lutut Anda sanggup membantu mengurangi tanda-tanda radang sendi dan memperlihatkan penghilang rasa sakit yang sanggup berlangsung beberapa bulan. Suntikan ini tidak efektif dalam semua kasus.
  • Asam hialuronat. Cairan kental, menyerupai dengan cairan yang secara alami melumasi sendi, asam hialuronat sanggup disuntikkan ke lutut Anda untuk meningkatkan mobilitas dan mengurangi rasa sakit. Meskipun hasil studi telah dicampur ihwal efektivitas perawatan ini, derma dari satu atau serangkaian suntikan sanggup bertahan selama enam bulan.
  • Plasma yang kaya trombosit (PRP). PRP mengandung konsentrasi banyak sekali faktor pertumbuhan yang muncul untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan penyembuhan. Jenis suntikan ini cenderung bekerja lebih baik pada orang yang sakit lutut disebabkan oleh robekan tendon, keseleo atau cedera.

Operasi

Jika Anda mempunyai cedera yang mungkin memerlukan pembedahan, biasanya tidak perlu segera dioperasi. Sebelum menciptakan keputusan, pertimbangkan pro dan kontra dari rehabilitasi nonsurgical dan rekonstruksi bedah sehubungan dengan apa yang paling penting bagi Anda. Jika Anda menentukan untuk menjalani operasi, opsi Anda mungkin termasuk:
  • Operasi artroskopi. Tergantung pada cedera Anda, dokter Anda mungkin sanggup menyidik dan memperbaiki kerusakan sendi Anda memakai kamera serat optik dan alat panjang dan sempit dimasukkan melalui hanya beberapa sayatan kecil di sekitar lutut Anda. Arthroscopy sanggup dipakai untuk menghilangkan tubuh yang lepas dari sendi lutut Anda, menghapus atau memperbaiki tulang rawan yang rusak (terutama kalau itu mengakibatkan lutut Anda terkunci), dan merekonstruksi ligamen yang sobek.
  • Operasi penggantian lutut parsial. Dalam mekanisme ini, dokter bedah Anda hanya mengganti cuilan lutut yang paling rusak dengan cuilan yang terbuat dari logam dan plastik. Operasi biasanya sanggup dilakukan melalui sayatan kecil, sehingga Anda cenderung sembuh lebih cepat daripada Anda dengan operasi untuk mengganti seluruh lutut Anda.
  • Penggantian lutut total. Dalam mekanisme ini, dokter bedah Anda memotong tulang dan tulang rawan yang rusak dari tulang paha, tulang kering, dan tempurung lutut Anda, dan menggantinya dengan sambungan artifisial yang terbuat dari adonan logam, plastik bermutu tinggi, dan polimer.

Gaya hidup dan pengobatan rumahan

Obat-obatan yang dijual bebas - menyerupai ibuprofen (Advil, Motrin IB, yang lain) dan naproxen sodium (Aleve) - sanggup membantu meredakan nyeri lutut. Beberapa orang merasa lega dengan menggosok lutut yang terkena dengan krim yang mengandung zat mati rasa, menyerupai lidocaine, atau capsaicin, zat yang menciptakan cabe pedas.

Tindakan perawatan diri untuk cedera lutut termasuk:
  • Beristirahat. Beristirahatlah dari kegiatan normal Anda untuk mengurangi ketegangan yang berulang pada lutut Anda, berikan waktu cedera untuk pulih dan bantu mencegah kerusakan lebih lanjut. Satu atau dua hari istirahat mungkin yang Anda butuhkan untuk cedera ringan. Kerusakan yang lebih parah kemungkinan membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama.
  • Es. Es mengurangi rasa sakit dan peradangan. Satu tas kacang polong beku bekerja dengan baik lantaran menutupi seluruh lutut Anda. Anda juga sanggup memakai kompres es yang dibungkus dengan handuk tipis untuk melindungi kulit Anda. Walaupun terapi es pada umumnya kondusif dan efektif, jangan gunakan es lebih dari 20 menit setiap kali lantaran risiko kerusakan pada saraf dan kulit Anda.
  • Panas. Anda mungkin mengalami penghilang rasa sakit sementara dengan menerapkan paket panas atau botol air panas ke tempat yang menyakitkan di lutut Anda.
  • Kompresi. Ini membantu mencegah penumpukan cairan pada jaringan yang rusak dan menjaga keselarasan dan stabilitas lutut. Cari perban kompresi yang ringan, bernapas, dan berperekat. Seharusnya cukup kencang untuk menopang lutut Anda tanpa mengganggu sirkulasi.
  • Ketinggian. Untuk membantu mengurangi pembengkakan, coba letakkan kaki Anda yang terluka di bantal atau duduk di bangku malas.

Obat alternatif

  • Glukosamin dan kondroitin. Hasil studi telah dicampur ihwal efektivitas tambahan ini untuk menghilangkan rasa sakit osteoarthritis.
  • Akupunktur. Penelitian memperlihatkan bahwa akupunktur sanggup membantu meringankan nyeri lutut yang disebabkan oleh osteoartritis. Akupunktur melibatkan penempatan jarum setipis rambut ke kulit Anda di tempat-tempat tertentu di tubuh Anda.

Sumber http://www.kedaikepo.com/

0 Response to "Sakit Lutut - Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengobati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel