-->

Penyakit Vertigo (Berputar Atau Melayang) - Gejala, Penyebab, Dan Pengobatan

(KODE IDC : H82)
VERTIGINOUS SYNDROMES IN DISE

Apa itu vertigo? 

Vertigo (Benign Paroxysmal Positional Vertigo) ialah sebuah situasi di mana penderitanya merasa seperti lingkungan di sekitarnya berputar atau melayang. Situasi ini juga akan membikin penderitanya kehilangan keseimbangan, sehingga kesusahan untuk sekadar bangkit atau pun berjalan. Sistem terbaik untuk menggambarkan vertigo merupakan dengan memutar badan Anda beberapa kali dan mencicipi keadaan yang dihasilkan.
 ialah sebuah situasi di mana penderitanya merasa seolah Penyakit Vertigo (berputar atau melayang) - Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Perlu diketahui, vertigo bukanlah nama penyakit. Tetapi, sebuah kumpulan tanda-tanda yang sanggup terjadi secara tiba-tiba atau berlangsung selama bentang waktu tertentu dalam satu waktu.

Tanda & tanda-tanda vertigo

Apa saja tanda-tanda vertigo?
Gejala biasa penyakit ini merupakan pusing, sensasi kepala berputar atau kepala kliyengan, dan kehilangan keseimbangan. Tanda-petunjuk tersebut akan memicu penderitanya mengalami sensasi mual, muntah, mengeluarkan peluh berlebih, sakit kepala, pun kadang disertai nistagmus (gerakan mata yang tak normal), indera pendengaran berdenging (tinnitus) dan sensasi merasa akan terjatuh. Biasanya, kondisi ini akan sirna muncul dan sanggup berlangsung selama beberapa menit, jam, atau pun hari.
Harap konsultasikan ke dokter bila situasi Anda tidak kunjung membaik. Dokter lazimnya akan menanyakan tanda-tanda Anda, mengerjakan investigasi simpel, serta memberi rekomendasi investigasi lebih lanjut. Secara bila frekuensi Anda mengalami penyakit ini termasuk kerap kali.

Penyebab vertigo

Apa saja penyebab vertigo?
Penyebab vertigo bahwasanya tergantung dengan variasi vertigo yang dialami. Ketika lazim, terdapat dua jenis vertigo yang digolongankan berdasarkan penyebabnya. Masing-masing situasi juga mempunyai penyebabnya tersendiri.

1. Vertigo periferal

yaitu tipe vertigo yang paling tak jarang dialami oleh kebanyakan orang. Penyebab vertigo periferal diakibatkan alasannya ialah adanya gangguan pada indera pendengaran penggalan dalam yang berfungsi untuk mengontrol keseimbangan tubuh.

Namun Anda menggerakkan kepala, komponen dalam alat pendengaran akan memberi tahu di mana posisi kepala Anda berada kemudian mengirimkan sinyal ke otak untuk menjaga keseimbangan. Tapi, jikalau terdapat duduk kasus pada komponen dalam kuping, akhirnya Anda akan mencicipi sakit dan pusing. Seumpama ini sanggup terjadi lantaran adanya peradangan di alat pendengar komponen dalam atau lantaran adanya infeksi virus.
Kondisi itu, vertigo macam ini disebabkan oleh beberapa hal lain seperti:

a. Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV)

BPPV ialah penyebab vertigo yang paling lazim yaitu situasi di mana vestibuler kuping dalam mengalami gangguan dan dipicu oleh perubahan posisi dan gerakan kepala yang secara tiba-tiba. Ketika:

  • Perubahan posisi kepala dari posisi tegak menjadi menunduk tiba-tiba
  • Bangun tiba-tiba dari tidur
  • Gerakan mendongakan kepala
Keadaan BPPV juga lebih rentan dialami oleh orang-orang yang pernah melaksanakan operasi pada alat pendengarnya, mempunyai riwayat cedera kepala, mengalami infeksi alat pendengar, serta sedang berada dalam masa penyembuhan dan bedrest.

Para pakar menyangka kalau BPPV terjadi efek adanya serpihan kristal kabonat yang lepas dari dinding kanal alat pendengaran penggalan dalam. Makara demikian ini, di dalam alat pendengar komponen tengah, terdapat kristal karbonat yang berfungsi untuk menghasilkan delusi gerak. Namun perubahan posisi kepala terjadi tiba-tiba, kristal-kristal ini akan masuk ke dalam penggalan alat pendengaran yang berisi cairan keseimbangan.

Masuknya kristal-kristal tersebut menstimulasi gerakan cairan yang tak normal pada ketika Anda menggerakan kepala tertentu. Nah, hal inilah yang menciptakan seseorang menjadi tak sepadan dan dunia di sekitarnya terasa berputar-putar.
Keadaan ini umumnya terjadi dalam waktu yang singkat dan tak jarang kali dialami oleh orang yang berusia di atas 50 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan juga jikalau orang yang lebih muda sanggup mengalami situasi ini.

b. Riwayat cedera kepala

Penyebab vertigo periferal yang lainnya yakni alasannya ialah dampak dari riwayat cedera kepala. Orang yang mengalami cedera kepala sebelumnya, sanggup saja mengalami gangguan alat pendengar dalam yang kemudian menjadikan vertigo.

c. Mengalami labirintitis

Labirintitis yakni peradangan dan infeksi yang terjadi di komponen alat pendengaran dalam, secara khusus pada kanal berliku-liku dan penuh cairan. Situasi penggalan dalam ini berperan penting dalam mengendalikan pendengaran dan keseimbangan seseorang. Infeksi alat pendengaran komponen dalam lazimnya disebabkan oleh virus dan kuman, semisal pada pengidap flu atau pilek.
Meski Anda mengalami penyakit ini lantaran labirintitis, maka tanda-tanda lain yang juga akan timbul ialah mual, muntah, kehilangan kesanggupan pendengaran, nyeri pada alat pendengar, serta demam.

d. Vestibular neuronitis

Vestibular neuronitis ialah peradangan yang terjadi pada penggalan saraf kuping yang terhubung lantas dengan otak. Peradangan ini diakibatkan oleh infeksi virus yang umumnya terjadi tiba-tiba tanpa diiringi dengan tanda-tanda atau tanda lainnya, malah tak ada dilema pada kesanggupan pendengaran.
Keadaan ini sanggup terjadi selama beberapa jam dalam sehari. Gejalanya kehilangan kesimbangan, kepala kliyengan, mual, dan malahan munta. Malah peradangan ini terjadi di penggalan syaraf alat pendengaran, kondisi ini lazimnya tak membikin penderitanya mengalami kehingalan pendengaran.

e. Penyakit Ménière

Penyakit Ménière merupakan penyakit langka yang meyerang indera pendengaran komponen dalam. Seandainya penyakit Ménière ini jarang terjadi, tapi kondisi ini sanggup menjadi penyebab vertigo yang betul-betul parah. Meskipun dalam sebagian kasus, gejalanya meliputi kuping berdenging, dan kehilangan pendengaran dalam kurun waktu tertentu.
Meski Anda mengalami penyakit Ménière, maka tanda-tanda yang timbul akan dialami selama sebagian jam pun berhari-hari. Penyakit ini disertai dengan tanda-tanda mual dan muntah yang parah. Makan itu cukup berbahaya, para andal belum sanggup memilih apa penyebab penyakit Meniere.

2. Vertigo central

Tidak menyerupai vertigo perifer yang disebabkan oleh gangguan pada indera pendengaran dan keseimbangan organ, vertigo sentral disebabkan oleh kondisi yang sulit di otak. Kecuali otak yang paling besar lengan berkuasa terhadap insiden penyakit ini merupakan cerebellum atau otak kecil.
Berikut ialah sebagian kondisi yang menjadi penyebab vertigo central:

  • Migrain, adalah sakit kepala sebelah tak tertahankan disertai dengan rasa nyeri yang berdenyut dan kerap dialami oleh orang yang berusia muda. Migrain biasanya dialami oleh kalangan muda dan dianggap sebagai salah satu penyebab awam dari penyakit ini. Menghindari pemicu dan mengobati migrain lazimnya sanggup meringankan penyakit ini.
  • Multiple sclerosis, ialah gangguan sinyal syaraf yang terjadi pada sistem saraf pusat – otak dan tulang belakang – yang diakibatkan oleh kekeliruan pada metode kekebalan badan seseorang.
  • Neuroma akustik yaitu tumor jinak yang tumbuh pada syaraf vestibular, yakni metode saraf yang menghubungkan indera pendengaran dengan otak. Sejauh ini neuroma akustik disebabkan oleh kelainan genetis.
  • Tumor otak yang menyerang otak kecil atau Cerebellum, yang menjadikan gangguan koordinasi gerakan tubuh.
  • Stroke, ialah penyumbatan pembuluh darah yang terjadi pada otak.
  • Sekiranya beberapa tipe obat yang sanggup memunculkan efek samping vertigo.


Diagnosis vertigo

Bagaimana metode mendiagnosis vertigo?
Sama menyerupai diagnosis awal penyakit pada biasanya, dokter akan menanyakan seluruh hal yang terkait dengan sakit kepala yang Anda rasakan secara detail. Mulai dari sensasi vertigo yang dialami (melayang, goyang, atau berputar), pemicu timbulnya vertigo, frekuensi kemunculan, durasi, dan lain sebagainya.

Situasi itu, dokter juga akan bertanya wacana riwayat medis Anda, termasuk riwayat migrain, cedera kepala atau infeksi kuping dalam waktu dekat, dan obat-obatan yang rutin Anda konsumsi.
Percobaan diperlukan, akhirnya dokter akan melaksanakan tahap investigasi jasmani lebih lanjut. Pemeriksaan ini dialamatkan untuk memandang fungsi pendengaran, gerak bola mata, dan fungsi otak. Jikalau cara investigasi tersebut mencakup:

1. Percobaan impuls kepala

Pasien diminta untuk konsentrasi menatap ujung hidung dokter sementara kepalanya digerakan dengan kencang ke satu sisi. Percobaan mata pasien konsisten konsentrasi menatap hidung dokter selama gerakan ini, hasil tesnya negatif bukan vertigo.

2. Percobaan romberg

Pasien diminta untuk bangkit dengan kedua kaki dirapatkan, mula-mula matanya terbuka kemudian dokter akan memerintah menutup matanya selama sebagian 20-30 detik. Hasil percobaan konkret kalau pasien kehilangan keseimbangan atau terjatuh setelah menutup mata.

3. Percobaan unterberger

Pasien bangkit dengan kedua kaki lurus ke depan dan jalan di daerah dengan mengangkat lutut setinggi mungkin selama 30 detik dengan mata terpejam. Percobaan beliau konkret mengalami vertigo, beliau akan berputar samping, ke arah sisi yang bermasalah.

4. Percobaan nistagmus

Pemeriksaan yang dikerjakan untuk mengenal gerakan bola mata yang tidak terkendali (nistagmus) dengan sistem menginstruksikan pasien melaksanakan manuver kencang yang sanggup memicu vertigo. Tapi tes berlangsung, pasien akan dipantau mengaplikasikan alat Electronystagmography (ENG) dan Videonystagmography (VNG) yang berfungsi untuk merekam gerakan mata mengaplikasikan kacamata khusus.

5. Pemeriksaan pendengaran

Pemeriksaan ini memakai percobaan garpu tala dan audiometri yang dikerjakan oleh dokter THT, secara khusus kalau Anda mengalami tinnitus (alat pendengar berdengung) maupun kehilangan pendengaran.

6. Pemeriksaan pensupport

Keadaan sebagian tes yang telah diceritakan di atas, untuk memastikan lebih lanjut dokter juga akan melaksanakan serangkaian tes penyokong lainnya menyerupai tes darah dan air seni, foto rontgen, CT scan, serta MRI.

Pengobatan vertigo

Bagaimana cara mengobati vertigo?
Melakukan kali tanda-tanda vertigo akan membaik seiring berjalannya waktu meskipun tanpa pengobatan, salah satunya dengan beristirahat. Seumpama ini terjadi lantaran otak Anda sanggup mengikuti keadaan pada perubahan kuping komponen dalam, sebagai upaya menjaga keseimbangan tubuh.
Bahkan semacam itu, ada pelbagai pengobatan yang ditentukan berdasarkan penyebab dan tingkat keparahan vertigo yang dialami oleh pasien, di antaranya:

1. Vertigo disebabkan oleh Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

Meraba sebagian manuver kepala sederhana berikut ini sanggup jadi salah satu sistem untuk memecahkan sensasi pusing yang Anda natural.

a. Manuver epley

  • Duduk tegak di tepi daerah tidur Anda dengan kaki digantung. Putar kepala 45 derajat ke kiri. Letakkan bantal di bawah badan Anda, sehingga ketika Anda berbaring, bantal berada di antara pundak Anda dan bukan di bawah kepala Anda.
  • Sesudah berbaring, kepala menghadap kasur (tetap dalam sudut 45 derajat). Bantal patut berada di bawah pundak Anda. Tunggu 30 detik.
  • Putar kepala Anda 90 derajat ke kanan tanpa mengangkatnya. Tunggu 30 detik.
  • Putar kepala dan badan Anda dari sisi kiri ke sisi kanan, jadi Anda sanggup mengamati lantai. Tunggu 30 detik.
  • Sesudah-lahan duduk lagi, tapi tetaplah di kasur selama sebagian menit.
  • Ulangi perintah gerakan dari sisi yang berbeda dan lakukan gerakan ini tiga kali sebelum tidur setiap malamnya, hingga Anda tak pusing lagi selama 24 jam.


b. Manuver Foster/Half Somersault

  • Duduklah bersimpuh dan dongakkan kepala Anda ke atas menatap langit-langit untuk sebagian detik.
  • Sentuh lantai dengan kepala (keadaan sujud). Selipkan dagu ke dalam dada sehingga kepala Sesudah atau masuk ke dalam lutut. Tunggu sekitar 30 detik.
  • Masih dalam posisi bersujud, putar kepala Anda ke arah alat pendengar yang bermasalah (bila Anda merasa pusing di sisi kiri, putar wajah ke siku kiri). Tunggu 30 detik.
  • Kemudian dengan gerakan yang kencang, angkat kepala Anda hingga posisinya lurus horizontal dengan punggung Anda. Jaga kepala Anda tetap pada sudut 45 derajat. Tunggu 30 detik.
  • Seandainya itu dengan gerakan yang cepat juga angkat kepala Anda dan duduklah tegak, melainkan tetap jaga kepala Anda menghadap pundak pada posisi yang sama dengan alat pendengaran yang bermasalah. Lalu, berdilah pelan.
  • Anda sanggup mengulangnya sebagian kali untuk mengurangi pusingnya. Jika ronde pertama, istirahatlah selama 15 menit sebelum lanjut lagi ke ronde kedua.
  • Jikalau menjalankan beberapa manuver yang telah di sebutkan di atas, coba untuk tak menggerakkan kepala Anda terlalu jauh ke atas maupun ke bawah dalam beberapa dikala.
  • Percobaan Anda tak merasa lebih baik selama seminggu sehabis mencoba latihan tersebut, segeralah diskusikan dengan dokter Anda lagi, dan tanya apa yang sebaiknya Anda lakukan selanjutnya. Anda mungkin tidak melaksanakan latihan hal yang demikian dengan benar, atau mungkin ada sesuatu lainnya yang menjadikan sakit kepala Anda.

2. Untuk vertigo yang disebabkan penyakit Ménière

Tes vertigo Anda disebabkan lantaran penyakit ini, ada beberapa hal yang sanggup Anda lakukan untuk menolong meringankan kedua tanda-tanda hal yang demikian, adalah:

  • Beberapa konsumsi garam dan diuretik untuk mengurangi volume cairan yang tersimpan dalam tubuh
  • Menghindari kafein, coklat, alkohol, dan rokok
  • Menyentuh fisioterapi untuk menuntaskan gangguan keseimbangan
  • Akupuntur dan akupresur bagi beberapa orang kapabel mengurangi tanda-tanda keduanya, tetapi hingga ketika ini belum ada bukti ilmiah bahwa hal tersebut sempurna sasaran.

3. Sekiranya obat tertentu

Untuk mengurangi gejala, dokter sanggup memperlihatkan obat vertigo biar Anda merasa lebih nyaman. Jika obat yang dipakai untuk meringankan tanda-tanda penyakit, menyerupai sakit kepala, mual dan muntah, termasuk: meclizine, promethazine, diphenhydramine, dimenhydrinate dan lorazepam.

Dokter juga akan memilih untuk memperlihatkan antibiotik atau steroid yang berfungsi untuk mengurangi pembengkakan dan penyembuhan infeksi. untuk penyakit Ménière, diuretik (pil air) sanggup diresepkan untuk mengurangi tekanan dari penumpukan cairan.
mengenai takaran dan macam obat lainnya, senantiasa konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum mengawali pengobatan.

4. Terapi rehabilitasi vestibular (VRT)

Terapi ini dijalankan bila keluhan yang dialami merupakan pusing dan kesulitan menjaga keseimbangan tubuh. ialah macam terapi jasmaniah untuk memperkuat sistem vestibular. Ketika fungsi, metode vestibular berperan dalam menjaga keseimbangan, koordinasi, serta kontrol pergerakan tubuh.

5. Operasi

Percobaan vertigo disebabkan oleh duduk kasus fundamental yang lebih serius, menyerupai tumor atau cedera pada otak atau leher, operasi sanggup dijalankan untuk menolong meringankan bahkan menyembuhkan penyakit ini.
Sumber http://www.kedaikepo.com/

0 Response to "Penyakit Vertigo (Berputar Atau Melayang) - Gejala, Penyebab, Dan Pengobatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel