-->

Lipoma - Pengertian, Gejala, Penyebab, Dan Pengobatan

Pengertian Lipoma

Lipoma yakni benjolan lemak yang tumbuh sangat lambat, biasanya ditemukan di antara kulit dan lapisan otot di bawah kulit. Paling sering lipoma sangat gampang diidentifikasi alasannya yakni akan dengan gampang bergerak bila ada tekanan padanya. Saat disentuh sangat pekat dan biasanya tidak empuk. Mungkin ada lebih dari satu. Mereka sanggup berkembang pada usia berapa pun tetapi paling sering terjadi selama usia paruh baya. Lipoma bukanlah kanker dan biasanya tidak berbahaya.


Gejala Lipoma

Lipoma biasanya ditemukan di punggung, leher, lengan dan bahu, tetapi mereka sanggup berkembang di pecahan badan lainnya. Selain itu, laki-laki kemungkinan besar mengalami beberapa lipoma daripada wanita, meskipun jenis kelamin yang sama lebih mungkin untuk mempunyai perkembangan tunggal.
Lipoma sanggup terjadi di mana saja di tubuh. Paling biasa:
  • Terletak sempurna di bawah kulit. Mereka biasanya terjadi di leher, bahu, punggung, perut, lengan, dan paha.
  • Lembut dan pekat bila disentuh. Mereka juga bergerak dengan gampang dengan sedikit tekanan jari.
  • Umumnya kecil. Lipoma biasanya berdiameter kurang dari 2 inci (5 cm), tetapi mereka sanggup tumbuh.
  • Terkadang menyakitkan. Lipoma bisa terasa sakit bila tumbuh dan menekan saraf di dekatnya atau bila mengandung banyak pembuluh darah.

Penyebab Lipoma

Penyebab lipoma tidak diketahui. Banyak hebat percaya ada relasi yang bersifat genetik dengan pertumbuhan mereka alasannya yakni mereka cenderung berjalan dalam keluarga. Selain itu, cedera mirip pukulan pada badan sepertinya memicu pertumbuhan mereka.

Faktor Risiko Lipoma

Beberapa faktor risiko pengembangan lipoma, termasuk:
Antara usia 40 dan 60 tahun. Mereka paling sering ditemukan pada kelompok umur ini.
Memiliki kelainan lain. Individu dengan kelainan ini termasuk adiposis dolorosa, sindrom Bannayn-Riley-Ruvalcaba, penyakit Madelung, sindrom Cowden dan juga sindrom Gardner sepertinya mengalami peningkatan frekuensi pengembangan beberapa lipoma.
Lipoma sangat jarang merupakan dilema medis yang parah. Tetapi saat Anda melihat pembengkakan atau benjolan di pecahan badan Anda, itu perlu diperiksa oleh dokter perawatan primer Anda.

Seringkali, tanda-tanda yang paling menyusahkan yakni lokasi atau peningkatan ukuran yang menciptakan lipoma terlihat oleh orang lain.

Ada aneka macam jenis lipoma termasuk:

Angiolipoleiomyoma
Soliter dan melibatkan jaringan ikat, bersama dengan pembuluh darah dan lemak.

angiolipoma
Menyebabkan banyak rasa sakit dan mempunyai semua karakteristik khas dari lipoma mirip yang disebutkan di atas

Fibrolipoma saraf
Lipoma ini menekan saraf

Lipoma sel spindle intradermal
Mempengaruhi perempuan dan tumbuh di leher, batang dan kepala.

Lipoma sel gelendong
Sebagian besar terjadi pada laki-laki dan tumbuh pada punggung, bahu, dan leher.

Lipoma kondroid
Jenis lipoma yang tumbuh pada kaki wanita, berwarna kekuningan dan mendalam.

Lipoma pleomorfik
Jenis lipoma sel gelendong sebagian besar memengaruhi laki-laki renta dan sanggup diidentifikasikan oleh sel-sel floret raksasa.

Hibernoma
Tumor jaringan lemak atau jaringan adiposa.

Diagnosa Lipoma

Untuk mendiagnosis lipoma, dokter Anda sanggup melakukan:
  • Pemeriksaan fisik
  • Pengambilan sampel jaringan (biopsi) untuk investigasi laboratorium
  • X-ray atau tes pencitraan lain, mirip MRI atau CT scan, bila lipoma besar, mempunyai fitur yang tidak biasa atau sepertinya lebih dalam daripada lemak
Ada kemungkinan sangat kecil bahwa benjolan yang ibarat lipoma sesungguhnya bisa menjadi bentuk kanker yang disebut liposarcoma. Liposarkoma - tumor kanker pada jaringan lemak - tumbuh dengan cepat, tidak bergerak di bawah kulit dan biasanya menyakitkan. Biopsi atau MRI atau CT scan biasanya dilakukan bila dokter Anda mewaspadai liposarkoma.

Pengobatan Lipoma

Biasanya tidak dibutuhkan pengobatan untuk lipoma. Namun, bila lipoma mengganggu, terasa sakit atau sedang tumbuh, dokter Anda mungkin akan merekomendasikannya untuk diangkat. Pengobatan lipoma meliputi:
  • Operasi pengangkatan. Sebagian besar lipoma diangkat melalui pembedahan dengan memotongnya. Rekurensi sesudah pengangkatan jarang terjadi. Kemungkinan imbas sampingnya yakni jaringan parut dan memar. Teknik yang dikenal sebagai ekstraksi eksisi minimal sanggup menghasilkan jaringan parut yang lebih sedikit.
Metode pengangkatan selain bedah termasuk:

Suntikan Steroid
Perawatan ini mengecilkan lipoma tetapi biasanya tidak menghilangkan tumor.

Sedot lemak
Perawatan ini memakai jarum suntik besar dan jarum untuk menghilangkan benjolan lemak. Tetapi agak sulit untuk menghapus seluruh lipoma.

Ada beberapa obat herbal untuk lipoma, dan mereka termasuk:

Chickweed
Chinkweed tingtur sanggup diperoleh di toko herbal mana pun. Ambil satu sendok teh ini tiga kali setiap hari. Mungkin lebih efektif untuk mendapat salep chickweed di toko herbal untuk digosokkan eksklusif ke area kulit yang terkena. Oleskan salep ini sekali sehari. Jika ini tidak membantu dengan mengecilkan lipoma atau menghilangkan ketidaknyamanan, coba obat herbal lain.

pahit
Jamu dan makanan pahit akan meningkatkan kemampuan badan untuk mencerna lemak yang merupakan lipoma. Pahit merangsang kandung empedu dan hati yang mempercepat kemampuan untuk memetabolisme lemak. Ramuan pahit termasuk yarrow, gentian, apsintus, rue, goldenseal, centaury, southwood dan juga boneet. Makanan pahit termasuk buah zaitun, sayuran dandelion, cokelat tanpa perhiasan atau kulit jeruk.

Jus lemon
Tambahkan jus lemon ke air yang Anda minum. Jus lemon menghilangkan racun dari badan dengan memperkuat serta merangsang sistem pencernaan dan memurnikan hati.

Cedar
Oleskan salep cedar pada pecahan kulit yang sakit tiga kali sehari. Campurkan lima tetes ekstrak cedar dengan beberapa sendok teh air dan minum tiga kali sehari. Kemudian pijat salep ke kulit daerah lipoma berada.


Sumber http://www.kedaikepo.com/

0 Response to "Lipoma - Pengertian, Gejala, Penyebab, Dan Pengobatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel