-->

Insomnia - Pengertian, Gejala, Penyebab,Dan Cara Mengobati

Pengertian insomnia

Insomnia yaitu suatu kondisi dikala seseorang mengalami kesulitan tidur, sehingga mustahil untuk mendapat tidur yang cukup sesuai dengan waktu yang dibutuhkan tubuh. Ini berarti bahwa kondisi fisik penderita insomnia tidak cukup memadai untuk melaksanakan acara keesokan harinya.

 Insomnia yaitu suatu kondisi dikala seseorang mengalami kesulitan tidur Insomnia - Pengertian, Gejala, Penyebab,dan Cara Mengobati

Tidur yaitu kondisi tidak sadar yang terjadi secara alami untuk memungkinkan badan beristirahat. Selama tidur, badan melewati siklus yang berganti-ganti antara gerakan mata yang cepat, tidur dan gerakan mata yang tidak cepat. Seseorang sanggup melalui empat atau lima siklus tidur dalam satu malam. Siklus tidur berlangsung sekitar 90 menit. Dimulai dengan 4 tahap tidur non-REM yang terdiri dari tidur ringan sampai tidur nyenyak. Kemudian lanjutkan dengan tidur REM di mana pada tahap ini proses tidur terjadi.

Gejala insomnia

Seseorang yang mengalami insomnia sangat sulit untuk merasa mengantuk, yang memilih ukuran tidur normal lantaran kebutuhan untuk tidur bervariasi tergantung pada orang tersebut. Ini dipengaruhi oleh usia, gaya hidup, lingkungan dan contoh makan. Gejala insomnia yang paling umum meliputi:
  • Sulit merasa mengantuk dan Anda tidak sanggup tidur.
  • Bangun di malam hari atau pagi hari dan tidak sanggup kembali tidur.
  • Merasa lelah, emosional, mengalami kesulitan berkonsentrasi dan tidak sanggup melakukannya dengan baik di siang hari
  • Anda tidak sanggup tidur siang meski badan merasa lelah.

Penyebab insomnia

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan insomnia yang akibatnya mengakibatkan kondisi insomnia untuk jangka waktu yang lama. Dari konsekuensi gaya hidup dan duduk kasus dalam kenyamanan ruangan, sampai konsekuensi gangguan psikologis, duduk kasus kesehatan fisik dan imbas samping obat.

Diagnosis insomnia

Ada beberapa hal yang sanggup ditanyakan oleh dokter untuk mencoba mendiagnosis insomnia, yang meliputi:
  • Tidur rutinitas
  • Gaya hidup yang buruk, ibarat mengonsumsi kopi atau minuman keras secara berlebihan
  • Banyaknya olahraga
  • Riwayat medis (kemungkinan penyakit)
  • Obat yang sanggup dikonsumsi
Selain itu, dokter juga akan meminta Anda untuk membuat buku harian tidur setidaknya selama dua minggu. Langkah diatas sanggup membantu dokter memahami contoh tidur dan mengukur tingkat keparahan insomnia yang dialami.

Beberapa isu yang harus dimasukkan dalam buku harian tidur biasanya termasuk waktu yang diharapkan untuk tidur, waktu untuk mulai tidur, berapa kali Anda bangkit di malam hari dan waktu Anda bangun. Informasi lengkap akan membantu dokter menangani susah tidur dengan cara yang tepat.

Pengobatan untuk insomnia

Dalam pengobatan insomnia, hal pertama yang dilakukan dokter yaitu mencari tahu apa penyebabnya. Jika insomnia didasarkan pada kebiasaan tertentu atau gaya hidup tidak sehat, maka dokter akan menyarankan untuk menyelesaikannya. Jika insomnia disebabkan oleh duduk kasus kesehatan (seperti gangguan kecemasan), dokter pertama-tama akan mengobati kondisi yang mendasari kecemasan tersebut.

Dalam beberapa kasus insomnia, dokter akan merekomendasikan menjalani terapi sikap kognitif. Terapi ini sanggup membantu mengubah sikap dan mentalitas yang memengaruhi tidur Anda.

Jika dianggap perlu, dokter sanggup meresepkan pil tidur untuk beberapa waktu. Pil tidur yaitu solusi sementara. Mengobati tanda-tanda insomnia tanpa menemukan solusi untuk akar penyebabnya, jarang berhasil sepenuhnya.

Pencegahan insomnia

Periksa dengan dokter Anda jikalau Anda mengalami kesulitan tidur atau jikalau Anda kesulitan mempertahankan tidur, terutama jikalau itu berdampak pada kehidupan sehari-hari. Kelelahan lantaran insomnia sanggup memengaruhi suasana hati dan membuat duduk kasus dalam hubungan dengan orang terdekat dan rekan kerja.
Sumber http://www.kedaikepo.com/

0 Response to "Insomnia - Pengertian, Gejala, Penyebab,Dan Cara Mengobati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel