-->

Inilah Penyebab Anemia, Gejala, Dan Pengobatan

Apa Itu Anemia?

Anemia terjadi dikala jumlah sel darah merah yang sehat dalam badan  terlalu rendah. Sel darah merah membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh, sehingga jumlah sel darah merah yang rendah menawarkan bahwa jumlah oksigen dalam darah  lebih rendah dari yang seharusnya. Banyak penyebab anemia disebabkan oleh penurunan pasokan oksigen ke jaringan dan organ vital tubuh.

 terjadi dikala jumlah sel darah merah yang sehat dalam badan  Inilah Penyebab Anemia, Gejala, dan Pengobatan

Apa Penyebab Anemia?

Zat besi, vitamin B-12 dan asam  folat sangat penting untuk pematangan sel darah merah dalam tubuh. Biasanya, 0,8 sampai 1% sel darah merah badan diganti setiap hari, dan usia rata-rata sel darah merah ialah 100 sampai 120 hari. Secara umum, setiap proses yang mempunyai dampak negatif pada keseimbangan antara produksi dan penghancuran sel darah merah sanggup menjadikan anemia.

Penyebab anemia biasanya dibagi menjadi penyebab penurunan produksi sel darah merah dan penyebab peningkatan kerusakan pada sel darah merah.

Faktor-faktor yang menurunkan produksi sel darah merah meliputi:
  • stimulasi produksi sel darah merah yang tidak memadai oleh hormon erythropoietin, yang diproduksi oleh ginjal
  • zat besi.
  • vitamin B-12 atau folat yang tidak adekuat
  • hipotiroidisme
  • pendarahan


Apa Saja Gejala Anemia?

Penderita anemia tampak pucat dan sering mengeluh kedinginan. Mereka juga mengalami sakit kepala ringan atau pusing, terutama dikala mereka berdiri. Beberapa penderita anemia menderita kecanduan yang tidak biasa ibarat ingin makan es. Mereka sering mengeluh merasa lelah dan mempunyai problem dengan sembelit dan konsentrasi menurun. Beberapa anemia sanggup menjadikan peradangan pada lidah, menghasilkan pengecap yang halus, berkilau, merah, dan seringkali menyakitkan.

Jika anemia parah, pingsan dapat terjadi. Gejala lain termasuk kuku rapuh, sesak napas dan nyeri dada. Kadar oksigen dalam darah sanggup sangat rendah sehingga penderita anemia berat sanggup mengalami serangan jantung.

Pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter sanggup menunjukkan:

Orang dengan tanda-tanda anemia harus berkonsultasi dengan dokter.

Pengobatan Anemia

Pengobatan anemia tergantung pada penyebabnya. Anemia yang disebabkan oleh kekurangan jumlah zat besi, vitamin B-12 dan folat yang tidak adekuat diobati dengan perhiasan nutrisi. Dalam beberapa kasus, suntikan B-12 diharapkan lantaran tidak diserap dengan baik oleh terusan pencernaan. Dokter dan jago gizi akan merekomendasikan diet yang mengandung jumlah vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang tepat. Diet yang sempurna sanggup membantu mencegah terulangnya anemia jenis ini.

Dalam beberapa kasus, kalau anemia parah, dokter memakai suntikan erythropoietin untuk meningkatkan produksi sel darah merah di sumsum tulang. Dalam masalah perdarahan atau kadar hemoglobin yang sangat rendah, transfusi darah mungkin diperlukan.

Demikian artikel tentang  Penyebab Anemia, Gejala, dan Pengobatan biar bermanfaat.

Sumber http://www.kedaikepo.com/

0 Response to "Inilah Penyebab Anemia, Gejala, Dan Pengobatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel